Wednesday, July 20, 2016

Pentingnya Penderita Asma Berolahraga by Melilea Surabaya


Pentingnya Olahraga bagi penderita Asma

Kenapa olahraga bisa memicu kambuhnya asma? pada saat bernapas normal, udara yang masuk dihangatkan dan dilembapkan oleh saluran hidung. Tapi ketika olahraga, orang-orang cenderung bernapas melalui mulut. Udara dingin dan kering yang dihirup pun tidak dihangatkan. Nah, otot di sekitar saluran udara menjadi sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembapan tersebut. Akibatnya, otot-otot di saluran napas berkontraksi dan jalan napas jadi sempit.
Meskipun Anda menderita asma, tidak perlu meninggalkan kegiatan olahraga. Menurut penelitan terhadap 700 orang, olahraga justru memberikan efek positif bagi penderita asma. Tidak ada efek negatif seperti meningkatnya gejala asma atau frekuensi serangan asma bagi mereka yang mempraktikkan beberapa olahraga tertentu. Dengan berolahraga, gejala asma menjadi berkurang, kualitas hidup penderita asma pun semakin meningkat.
Serangan asma ketika berolahraga terjadi jika aktivitas fisik yang dilakukan terlalu berat atau asma tidak terkontrol. Risiko hal ini terjadi cenderung lebih rendah jika penderitanya sudah siap secara fisik dan mental, serta menggunakan obat asma yang sesuai.

Olahraga Apa yang Cocok?

Jika Anda menderita asma, disarankan untuk memilih jenis olahraga atletik yang tidak terlalu menyulitkan Anda, contohnya:
  • Jalan kaki. Satu penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki 3-4 kali seminggu selama 12 minggu mampu mengendalikan asma dan meningkatkan kebugaran tubuh tanpa menyulut gejala asma. Cobalah berjalan kaki selama 30 menit dibarengi oleh pemanasan dan pendinginan masing-masing selama lima menit.
  • Satu studi menemukan, melakukan yoga 2,5 jam per minggu selama 10 minggu mampu menurunkan konsumsi obat asma pada penderita penyakit ini.
  • Bersepeda santai tidak akan memicu asma Anda. Lain ceritanya jika Anda mengayuh sepeda dengan kecepatan 30 km/jam atau bersepeda di pegunungan.
  • Olahraga ini membangun otot-otot yang digunakan untuk bernapas serta membuat paru-paru mendapatkan banyak udara hangat dan lembap.
  • Olahraga yang menggunakan raket. Olahraga jenis ini memungkinkan Anda untuk beristirahat secara teratur. Anda bisa mengendalikan kecepatan permainan serta istirahat dan minum air kapan saja. Intensitas olahraga juga bisa berkurang jika Anda bermain berpasangan.
  • Olahraga atletik lari jarak pendek tidak akan memicu serangan, tapi jangan coba-coba melakukan lari marathon jika tidak ingin menjadi sesak napas.
  • Bola voli. Olahraga ini tidak memerlukan terlalu banyak berlari-lari dan ada pemain lain yang turut membantu permainan. Bahkan gerakan memukul bola dalam voli tidak melibatkan terlalu banyak gerakan. Tapi hinda main voli yang ngotot
Beberapa olahraga atletik memang ada yang cenderung memicu gejala asma seperti sepak bola, bola basket, atau lari jarak jauh. Kualitas hidup penderita asma bisa membaik jika teratur berolahraga, mengonsumsi obat-obatan sesuai resep, dan memantau gejala serta fungsi paru-paru. Sangat disarankan mengkonsumsi makanan organik, banyak minum apel dan limun organik dapat meregenerasi sel-sel pada paru dan pembuluh darah.
Jangan pernah berhenti melakukan aktivitas fisik yang aman hanya karena Anda menderita asma. Namun, ada baiknya konsultasikan dahulu dengan dokter guna menentukan jenis olahraga atletik mana yang cocok untuk Anda dan kondisi yang dihadapi.

No comments:

Post a Comment