Tuesday, July 19, 2016

Tips Mengatasi Pegal Saat Hamil by Melilea Surabaya


Rasa kram dan pegal saat hamil dirasakan biasanya di kaki dan punggungmu. Itu terjadi karena keduanya harus menopang tubuhmu yang sedang berbadan dua. Kamu juga harus hati-hati saat mengangkat barang dan berolahraga, karena hormon yang diproduksi tubuh saat hamil bisa membuat ligamenmu menjadi kendur untuk persiapan proses melahirkan. Nah, hal ini bisa membuat ligamen mudah terluka, dan paling sering menimpa ligamen di area punggung.
Area sekitar punggung bagian bawah, bokong, panggul sangat mungkin mengalami pegal-pegal. Ini terjadi karena perubahan hormon dan tubuhmu sedang menyesuaikan diri terhadap pembesaran perutmu.

Cara Mengatasi

Kalau kamu hanya merasakan pegal-pegal ringan tanpa disertai gejala lain, kamu bisa mengatasinya dengan mandi air hangat. Selain meredakan pegal-pegal, mandi air hangat juga bisa memperlancar peredaran darah dan memberikan kehangatan yang bisa membuatmu meresa rileks.
Kamu mungkin berpikir, jika sedang pegal lebih baik tidak menggerakkan tubuh. Tapi itu tidak selamanya benar. Tubuhmu yang pegal ternyata bisa, lho, diatasi dengan berolahraga seperti peregangan tubuh, berenang, dan yoga. Namun, jangan berlebihan saat melakukan aktivitas fisik. Jika sebelum hamil kamu jarang berolahraga, maka disarankan untuk memulai olahraga dengan durasi 10 hingga 15 menit, dan kemudian tingkatkan perlahan-lahan menjadi 30 menit tiap harinya.
Tips mudah lainnya yaitu dengan memijat tubuh. Pijatan ini mungkin bisa meredakan pegal-pegal yang kamu rasakan. Kamu bisa mendatangi tempat pijat khusus ibu hamil atau untuk praktisnya kamu dapat meminta suamimu untuk memijat tubuhmu. Sebagai contoh, dia bisa memijat bagian punggungmu. Cara melakukan pijatan pada punggung ibu hamil bisa dilihat di artikel ini “Tips Buat Suami: Begini Cara Memijat Istrimu yang sedang Hamil”.
Penggunaan korset hamil dapat juga mengatasi masalah pegal ini. Biasanya, korset kehamilan berguna jika kamu sering melakukan aktivitas dengan berdiri.
Mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit seperti Acetaminophen (Tylenol) juga dapat kamu lakukan. Obat ini aman kok dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, sebelumnya kamu harus tetap mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter.
Pastikan waktu tidurmu cukup agar otot-ototmu menjadi rileks dan rasa pegal pun menghilang.
Jika kamu mengalami pegal-pegal yang disertai gejala lain seperti memar/ruam atau demam, kamu bisa segera berkonsultasi ke dokter.

No comments:

Post a Comment