Sunday, April 14, 2013

Mencegah Gagal Ginjal...From A to Z


Diabetes, radang ginjal dan hipertensi adalah penyebab utama gagal ginjal. Menurut ahli medis gagal ginjal terjadi karena lembab panas tubuh terhenti dan toksin/racun terjebak di dalam tubuh sehingga fungsi ginjal terganggu serta racun tak bisa keluar secara normal.

Kadar asam urat, ureum (BUN) dan kreatinin (CR) meningkat serta timbul sakit kepala, kurang darah, mual, muntah dan lain-lain. Jika toksin tak segera dikeluarkan, maka pasien bisa keracunan amonia hingga pingsan dan meninggal.

Ciri-ciri penyakit gagal ginjal yang umum adalah adanya perubahan warna urine dan mengalami sakit atau nyeri pada saat buang air kecil. Memang seringkali ciri-ciri penyakit gagal ginjal ini hampir sama dengan penyakit umum lainnya, sehingga penanganannya acap kali terlambat. Ciri-ciri penyakit gagal ginjal adalah sebagai berikut:

Sulit berkonsentrasi & sakit kepala

Jika anda mengalami gejala anemia yang tentunya berkaitan dengan penyakit gagal ginjal, hal ini berarti otak anda kurang mendapatkan oksigen yang cukup sehingga mengakibatkan sakit kepala dan susah untuk berkonsentrasi. Bahkan ada yang sampai kehilangan keseimbangan sewaktu berjalan karena parahnya anemia yang dirasakannya.

Rasa gatal berlebihan atau kulit ruam

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi ginjal yang paling utama adalah untuk membuang limbah atau kotoran dari aliran darah. Jika fungsi ginjal tidak normal maka akan terdapat penumpukan kotoran didalam tubuh yang mengakibatkan rasa gatal yang berlebihan. Pada umumnya rasa gatal yang parah ini biasanya juga disertai dengan pembengkakan diberbagai bagian tubuh seperti tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, bahkan seluruh tubuh.

Tubuh kedinginan

Penderita gagal ginjal biasanya juga selalu merasakan kedinginan, walaupun ia berada di suhu yang hangat. Biasanya menyerang pada malam hari ketika ia bangun tidur dengan tubuh dingin sampai mengigil.

Sesak Nafas.

Sesak nafas juga berkaitan dengan penyakit gagal ginjal. Dimana ada dua masalah yang dapat menimbulkan ganguan pada pernafasan Anda. Kasus pertama adalah adanya cairan yang berlebih karena tidak berfungsinya ginjal sehingga cairan tersebut menutup saluran paru-paru. Dan kedua, anemia (kekurangan oksigen pembawa sel-sel darah merah) yang mengakibatkan tubuh anda kekurangan oksigen dan kehabisan nafas. Pada kasus ciri-ciri penyakit ginjal sesak nafas ini, biasanya pasien gagal ginjal akan sulit tidur karena kesulitan bernafas dan perut kembung terus-menerus. Aktifitas yang memerlukan sedikit gerak fisik pun akan terasa sangat berat.

Sakit di daerah pinggang.

Ada beberapa orang yang juga mengalami masalah dibagian pinggangnya, dan ini ada hubungannya dengan penyakit batu ginjal. Namun memang beberapa penyakit batu ginjal tidak menimbulkan gejala yang berarti. Namun jika batu ginjal itu terjebak didalam ureter ( saluran kecil antara kandung kemih dan ginjal) maka gejala rasa sakit akan terasa sangat parah. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.

Ciri-ciri penyakit gagal ginjal kronik antara lain : Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan turun, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi.
Kelainan urin: Protein, Eritrosit, Lekosit.
Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positif.

Oleh karena itu untuk dapat menghindarkan diri dari penyakit berbahaya tersebut, senantiasa hidup seimbang antara lain:
1. istirahat/tidur cukup karena tidur merupakan obat terbaik dalam hidup dan waktu tidur adalah waktu yang tak tergantikan. Dalam artian sesehat apapun anda dan sehebat apapun obat yang anda punya untuk mengatasi setiap masalah penyakit dalam hidup anda, anda tetap memerlukan tidur untuk menyembuhkan mekanisme tubuh yang letih.
2. Olahraga teratur. Olahraga juga merupakan hal yang tidak bisa ditawar-tawar. Anda tidak perlu membayangkan olah raga berat seperti lari, berenang dan fitness. Jalan pagi 30 menit, atau memilih naik tangga ketimbang naik eskalator merupakan pilihan yang sehat sebagai bentuk olahraga. Atau bagi umat islam sholat merupakan salah satu bentuk olahraga.
3. Makan makanan dengan gizi yang seimbang. Hal ini merupakan hal yang paling sulit dilakukan oleh orang jaman sekarang. Karena begitu banyak menu yang menggoda, begitu banyak restoran enak bertebaran tapi tidak ada restoran yang mengedepankan menu sehat yang seimbang nutrisinya. Tubuh manusia sangat cocok dengan tumbuh-tumbuhan oleh karena itu kenapa tubuh sangat cepat menyerap sayur dan buah, bukan daging dan lauk pauk. Oleh karena itu menu sempurna bagi manusia adalah yang dominan sayur dan buah, dan sayur dan buah terbaik adalah yang organik karena bebas pestisida dan tidak mengandung zat kimia berbahaya.

No comments:

Post a Comment