Wednesday, March 30, 2016

Rahasia Dibalik Daya Tahan Tubuh

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, kita harus memiliki cara meningkatkan daya tahan tubuh yang ampuh. Karena, daya tahan tubuh yang menurun dapat meningkatkan risiko penyakit menghampiri Anda.
Tubuh sebenarnya diciptakan Tuhan memiliki sistem imun untuk melawan mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit dan menurunkan daya tahan tubuh. Namun, bukan berarti sistem imun ini tidak bisa gagal dalam menjaga kesehatan Anda. Terkadang, kuman bisa membuat Anda sakit.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga dapat terhindar dari apa saja yang membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh adalah Cara Terbaik

Meningkatkan daya tahan tubuh adalah mudah. Asalkan, kita disiplin terhadap diri sendiri ditambah mengkonsumsi beragam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti di bawah ini:
  • Brokoli
    Memasukkan brokoli ke dalam menu harian adalah sangat baik. Bagaimana tidak? Brokoli merupakan salah satu makanan yang kaya akan mineral dan vitamin. Sebut saja antidioksidan, vitamin E, A, dan C, semuanya ada pada brokoli. Untuk mengolahnya pun tidak rumit. Cukup rebus sebentar, lalu santap selagi hangat. Nikmat!
  • Bayam
    Apakah pernah terpikir sebelumnya, bahwa ternyata sayuran yang berwarna hijau ini juga kaya akan vitamin C?. Bahkan, bayam juga mengandung beta karoten dan antioksidan. Dengan kandungan ini, bayam dapat membantu tubuh Anda dalam meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.
  • Jeruk
    Berwarna oranye dan menyegarkan, jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh dan berguna melawan bermacam infeksi. Tidak perlu bingung dalam memilih jeruk, karena hampir semua jenis jeruk memang kaya vitamin C.
  • Paprika merah
    Anda pasti tidak menyangka Jika dibandingkan dengan jeruk yang terkenal dengan vitamin C-nya, paprika merah ternyata memiliki vitamin C dua kali lipat. Wow! Bahkan paprika merah juga kaya akan beta karoten. Kandungan inilah yang membuat buah ini tidak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.
Selain jenis-jenis sayur dan buah di atas, cara meningkatkan daya tahan tubuh lainnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan seperti kacang almond, jahe, bawang putih, kunyit, teh hijau, dan yogurt. Ingatlah untuk tidak mengolah sayur seperti bayam dan brokoli pada suhu tinggi dalam waktu yang lama. Cukup rebus sebentar untuk tetap menjaga nutrisi di dalamnya.

Cara Lain Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selain yang telah dipaparkan diatas cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Karena bagaimanapun juga, gaya hidup Anda dapat mempengaruhi kualitas daya tahan tubuh dari serangan beragam penyakit.
Hindari hal-hal seperti tidur larut malam, malas berolahraga, merokok, dan minum minuman beralkohol. Dan lakukan hal-hal seperti menjaga tekanan darah, menjaga berat badan tetap sehat, serta cukup beristirahat.
Selain beberapa hal tersebut, penting juga untuk menjaga kestabilan emosi dan menghindari stres. Karena, stres juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh dan dapat membuat Anda menjadi rentan sakit. Hal ini karena saat Anda stres, hormon stres akan meningkat dan menekan sistem imun Anda.
Mengatasi stres adalah dengan sering berinteraksi dengan orang lain, sharing dan curhat guna membuat Anda merasa lebih lega. Hal ini perlu dilakukan, karena saat stres, pada hakekatnya Anda akan membutuhkan orang lain untuk berdiskusi dan tukar pikiran atau sekadar mengeluarkan keluh kesah. Anda juga bisa menjadikan meditasi sebagai salah satu cara untuk mengurangi kadar stres dalam diri Anda. Dalam Islam kita kenal dengan Sholat. Itu adalah meditasi terbaik.
Cintai diri Anda dengan melakukan beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh seperti di atas. Ingatlah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk daya tahan tubuh Anda, agar tubuh lebih terbantu dengan asupan tersebut. Jangan lupa, berolahraga setidaknya 30 menit sehari karena hal itu bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

1 comment:

  1. Terimakasih, kita harus hidup sehat mulai saat ini karena banyaknya penyakiit yang sewaktu-waktu mengintai kita, termasuk yg seddang viral saat ini yaitu virus corona

    ReplyDelete