Thursday, May 2, 2013

Breast Cancer



Bagi wanita, salah satu penyakit yang sangat dihindari sejak jauh-jauh hari adalah kanker payudara. Salah satu cara adalah dengan melakukan deteksi dini terhadap indikasi-indikasi penyakit ini. Indikasi tersebut bisa berupa benjolan di area payudara, timbulnya rasa nyeri di area payudara, timbulnya benjolan lain pada bagian tubuh lain di sekitar dada, seperti ketiak, perubahan warna payudara, dan puting payudara yang masuk ke dalam.

Dalam banyak kasus, kanker payudara bisa dideteksi dari keluarnya cairan yang berwarna kekuning-kuningan, kehijau-hijauan, dan bernanah pada puting susu. Nah jika anda mengalami indikasi-indikasi seperti diatas, segera periksakan ke dokter, dan untuk memastikan penyakit kanker tersebut. Namun untuk penanganannya sebenarnya ada sangat banyak cara selain dengan tindakan medis seperti operasi, kemoterapi, radioterapi dll. Penyakit kanker payudara ini tidak bisa dibiarkan lama, karena dapat berakibat fatal yaitu kematian. Perlu penanganan secepat mungkin.

Bagi yang sehat dan belum terkena penyakit ini, pencegahan amat sangat penting dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menjalankan pola makan sehat. Menurut prediksi, satu dari tiga penderita kanker payudara disebabkan oleh pola makannya yang tidak sehat. Apakah sulit menjalankan pola makan yang sehat? Pada dasarnya tidak. Hanya dibutuhkan kesabaran dan rutin.

Dalam Menerapkan gaya hidup sehat anda sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, karena serat bisa menurunkan kadar estrogen dan prolaktin. Dan serat terbaik dan tertinggi kandungan vitaminnya adalah dari sayuran organik. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah banyak memakan sayuran yang mengandung vitamin A. Di antaranya sayuran hijau dan wortel. Ini berfungsi untuk mencegah mutasi sel penyebab kanker. Selain itu, disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan zat antioksidan seperti jeruk, wortel, cranberries, dan rose hip.


No comments:

Post a Comment